Langsung ke konten utama

Batuk pada anak, kawan atau lawan?

Mendengar anak batuk kadang membuat kita, orang tua, menjadi tidak nyaman, namun ternyata batuk tidak selalu berarti ada masalah. Batuk melindungi tubuh anak Anda dengan menghilangkan lendir, zat iritasi dan infeksi dari saluran pernafasan-nya.

Anak-anak dapat batuk beberapa kali sehari dan memiliki episode batuk yang berlangsung hingga beberapa minggu jika mereka terinfeksi virus. Namun, batuk yang berlangsung lebih dari dua atau tiga minggu sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Batuk akut pada Anak-anak (Dua Minggu atau Kurang)
Mayoritas anak-anak mengalami periode batuk singkat karena infeksi virus pada saluran pernafasan atas, sepert common cold. Anak-anak prasekolah masih dianggap wajar mengalami batuk karena infeksi virus hingga delapan kali setiap tahunnya, masing-masing berlangsung sekitar 10 hari.

Jarang, batuk terjadi karena adanya benda asing di jalan napas. Hal ini mungkin terjadi setelah sebuah episode dari tersedak, tapi kadang-kadang tersedak episode mungkin tidak diperhatikan, terutama pada anak-anak muda. Segera kunjungi dokter anda jika anda pikir anak anda batuk karena tersedak.

Penyebab Batuk Kronis
Ada banyak penyebab berbeda untuk batuk terus-menerus atau kronis pada anak-anak.
  • Asma
Saluran nafas anak dengan asma biasanya meradang atau bengkak yang sering menyebabkan mengi. Kadang hanya gejala batuk yang diperparah oleh infeksi virus, yang terjadi saat anak anda tertidur, atau mungkin dipicu oleh olahraga dan udara dingin.
  • Sinusitis
Postnasal drip, adalah lendir dari sinus atau hidung yang menetes ke ruang dibelakang rongga mulut. Hal ini disebabkan oleh rhinitis atau infeksi sinus (sinusitis) yang dapat menghasilkan batuk kronis. Biasanya gejala lain yang hadir, tapi kadang-kadang hanya gejala Anda perhatikan adalah batuk.
  • Rhinitis Alergi Musiman atau Sepanjang Tahun.
Alergi musiman biasanya banyak terjadi di negara dengan empat musim, sering disebut "hay fever," biasanya terjadi pada musim semi, musim panas atau musim gugur. Gejala meliputi bersin, sesak atau hidung meler dan gatal-gatal di hidung, mata atau di atap mulut. Ketika gejala terjadi sepanjang tahun, mereka mungkin disebabkan oleh paparan terhadap alergen dalam ruang seperti tungau debu, jamur dalam ruangan atau binatang peliharaan. Seorang ahli alergi dapat melakukan pengujian untuk mengetahui apa yang anak Anda alergi.
  • Refluks Esofageal
Penyebab batuk kronis lainnya adalah cairan perut bergerak kembali ke atas tenggorokan. Hal ini disebut "refluks" dan dapat terjadi tanpa mulas. Beberapa anak dapat mengalami suara serak dan / atau tersedak sebagai gejala. Untuk menentukan apakah ini penyebabnya, dokter Anda mungkin melakukan tes untuk melihat apakah asam refluks keluar dari lambung.
  • Batuk Pasca  Infeksi Virus
Setelah infeksi pernafasan viral, anak-anak yang sehat dapat memiliki batuk yang berlangsung selama berminggu-minggu. Obat penekan batuk bisa dicoba pada anak usia sekolah, tetapi mereka tidak selalu memecahkan masalah.
  • Infeksi Bakteri pada Saluran Nafas Bawah
Bakteri kadang-kadang dapat menginfeksi saluran nafas bawah dan menyebabkan iritasi dan batuk. Kunjungi dokter anda untuk kemungkinan ini.
  • Menghirup Benda Asing
Benda asing, seperti mainan dan makanan, dapat sengaja dihirup pada usia berapa pun, tetapi paling sering terjadi pada usia dua sampai empat tahun. Hal ini dapat menyebabkan batuk untuk bertahan selama berminggu-minggu untuk bulan sampai ditemukan.
  •  "Kebiasaan" Batuk
Ini adalah batuk terus-menerus yang tidak memiliki penyebab fisik yang jelas. Hal ini terkadang muncul setelah infeksi pernapasan virus. Batuk ini biasanya kering dan berulang atau seperti "membunyikan klakson". Kebiasaan batuk biasanya terjadi hanya ketika anak Anda terjaga, bukan tidur. Kelainanan neuromuskular seperti Tic juga dapat menyebabkan batuk jenis ini.
  • Batuk Iritasi
Terpapar asap tembakau dan polutan lainnya (asap dan gas buang dari pembakaran kayu, polusi udara dan asap kendaraan) dapat mengakibatkan batuk dan mungkin memperburuk batuk yang terkait dengan asma atau rhinitis.



Pengobatan
Jika anak Anda mengalami batuk setelah infeksi virus pernapasan, biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus-terutama jika akan hilang dalam satu atau dua minggu.

Pengobatan untuk batuk kronik harus didasarkan pada penyebab yang mendasari.Sebaiknya kunjungi dokter anda untuk mencari penyebabnya, atau jika batuk anak Anda semakin memberat, berlangsung lebih lama dari yang anda anggap wajar, jika batuk berdarah atau jika batuk mengganggu kegiatan sehari-hari anak anda.

Obat-obatan bebas seperti guaifenesin, dan obat batuk menekan seperti dextromethorphan dapat dicoba, walaupun kadang tidak memberikan efek yang diinginkan.

Jika Anda berpikir mungkin anak Anda menderita asma, membuat janji dengan seorang ahli alergi / imunologi, sering disebut sebagai seorang ahli alergi.Dokter akan membantu anda untuk menegakkan diagnosis ini.



Tips Sehat:

1. Batuk melindungi tubuh anak Anda dengan membuang lendir, zat iritasi dan infeksi dari saluran pernafasan-nya.

2. Jika anak Anda mengalami batuk yang berlangsung lebih dari dua atau tiga minggu, jadwalkan kunjungan dengan dokter Anda.

3. Batuk yang berlangsung lebih dari dua minggu dianggap kronis. Ini mungkin disebabkan oleh asma, alergi rhinitis (hay fever), refluks atau sebab lainnya.



sumber: http://www.aaaai.org/patients/publicedmat/tips/coughinchildren.stm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berobat kulit ke dr. Inong, part 2: Peeling session

Setelah lebih dari satu bulan bermain-main dengan krim pagi  dan malam, kini saatnya kembali untuk  chemical peeling   alias pengelupasan kulit dengan bahan kimia (obat). Kunjungan kedua kali ini saya pilih    Jumat. Tiba di RS restu jam 15.00 dan mendapat urutan 50. Lumayan, hanya nunggu sekitar 2 jam akhirnya tibalah giliran saya. Ada sekitar 6 tempat tidur dengan satu kipas angin kecil di masing-masing tempat tidur. Sebelum pengelupasan, wajah kita dibersihkan dulu oleh asisten   dengan cairan berbau seperti alkohol, dan mulailah obat itu dioleskan oleh dr. Inong sendiri. Awalnya terasa dingin, namun beberapa saat kemudian....." ouch "    ….panas dan perih sekitar 5 menit dan kipas angin ini sangat membantu untuk mengurangi rasa sakit.  Tenyata pengolesan itu diulangi lagi setelah 15 menit....*dooh  double ouch *, tapi bener kok cuma sebentar, dan setelah tidak terasa panas lagi sang asisten akan mengoleskan krim, dia menyebutkan sih nama dari krim itu tapi sepertinya

Tips Berobat Kulit ke dr. Dewi Inong I spKK

Setelah menjalaninya saya tertarik untuk menuliskan tips untuk rekan-rekan yang akan berobat kulit ke beliau, supaya tidak salah langkah. Sekilas tentang dr. Inong (begitu saya panggil beliau) dapat dilihat di sini , bukan bemaksud promosi :P, namun beliau terkenal ramah dan murah untuk perawatan kulitnya. Beliau praktek di Permata Cibubur dan RSIA Restu, Kramat jati, saya akan berbagi untuk yang di Restu Datang pagi, benar-benar pagi. Pendaftaran dimulai jam 7.00 ,tdak boleh lewat telpon dengan biaya Rp. 85.000,- dan terbatas hanya 60 orang :O….Saya tiba di sana jam 8.10, dan alhasil dapat no. 68….ini berhasil karena no yang muda banyak yang gak datang. Setelah daftar di loket, jangan lupa daftar ulang di perawat depan kamar dr. Inong , karena akan dipanggil berdasarkan urutan di perawat bukan di loket. Bawa sarapan, cemilan dan makan siang serta air minum . Tidak ada kantin, hanya ada ibu penjual makanan kecil yang terbatas, dan suasana di sana panas, jangan

Kisah seorang pencuri foto

Kisah ini di mulai dari foto di atas. Saat melihat pertama kali, langsung jatuh hati pada foto berjuta makna ini. Foto ini dtemukan di salah satu jejaring sosial, pemiliknya adalah teman dari teman, aku sendiri tidak mengenalnya. Biasanya, jika mengambil foto pribadi, aku akan minta ijin dulu ke pemiliknya, tapi mengapa untuk foto ini aku agak takut dengan pemiliknya hehehe. Berikut kronologis perjalananku bersama foto ini, yang aku beri judul “Memandang ke Depan”: 19 Agustus 2010 : aku grabbed foto ini tanpa ijin, tapi ternyata merasa bersalah, dan berasa seperti pencuri, huuu gak enak 23 Agustus 2010 : akhirnya memberanikan diri untuk kirim message ke sang pemilik yang intinya minta ijin….sampai sekarang belum dijawab juga 2 Sept 2010 : sepertinya tidak akan dapat ijin resmi dalam waktu dekat, mungkin sekitar 20 tahun lagi hehehe *hopeless*….aku beranikan diri untuk mengirim message yang sama ke FBnya…no response until now 19 Sept 2010 :Dia: “biarkan kami mensyukuri hid